Belajar Mengajar

Menjadi guru bagi anak-anak itu sangat menyenangkan. Sejak dulu aku memang senang bermain, dunia anak-anak adalah bermain.
Yang membuatku sangat bersyukur berkesempatan menjadi guru adalah dengan banyak membaca tentang tahapan perkembangan anak, aku jadi seperti mempelajari tahap perkembanganku sendiri 😀

Benar-benar suatu pelajaran yang sangat berharga, tentang bagaimana menjadi model bagi anak-anak. Ketika sulit mengajarkan disiplin pada anak-anak, lalu coba merenung, ternyata aku memang belum disiplin. Lalu perlahan aku mulai mendisiplinkan diri, ternyata dengan sendirinya anak-anak juga mulai disiplin loh (misalnya dengan menggunakan benda sesuai fungsi dan meletakkan benda di tempatnya).

Pengalamanku menjadi guru, yang mengajar di sekolah formal, dimulai dari guru SD, kelas 1 dan 2. Tuntutannya di SD adalah mengajarkan calistung, lalu memberi nilai melalui ujian, yang menurutku hanya menilai dari segi kognitif.
Tahun berikutnya aku berkesempatan mengajar TK (dan SD juga dengan metode sentra), di TK tidak ada tuntutan nilai, jadi tidak ada ujian. Laporan naratif hal-hal apa saja yang sudah dicapai anak, bukan kognitif saja yang dinilai tapi juga aspek afektif, sosial, motorik, bahasa. Lebih komplit ya.
Tahun ini aku punya pengalaman baru lagi, “turun kelas”, membantu mengajar Toddler (usia 2-3 tahun). Seru banget! Dapat banyak lagi pengetahuan baru karena banyak baca-baca artikel tahap perkembangan anak. Ternyata usia 0-3 tahun masa yang paling penting dalam tahap perkembangan. Pondasi. Menentukan akan sekuat apa kelak bangunan yang sanggup didirikan diatas pondasi itu.

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s