Pijakan Main : Sebelum Bermain

Setelah pijakan lingkungan siap, selanjutnya perlu mempersiapkan pijakan sebelum bermain.

Biasanya berupa cerita, akan sangat baik bila menggunakan buku, bisa sekaligus memperkenalkan keaksaraan, bagian-bagian buku, cara memegang dan membuka buku, dan tentu untuk membangun minat membaca anak.
Kalau di sekolah guru membuat lesson plan, cerita yang disampaikan disesuaikan dengan tema.
Selain buku dapat juga berupa benda nyata, kongkrit. Misal tema bagian-bagian tanaman, dapat dihadirkan di hadapan anak-anak tanaman aslinya.

Pada saat pijakan sebelum main juga disampaikan beberapa prosedur dan aturan main. Aku sempat bingung membedakan antara “prosedur” dan “aturan” 😀
Prosedur itu yang harus dilakukan supaya kegiatan dapat terlaksana. Prosedur bersifat tetap dan rutin. Biasanya berkaitan dengan cara menggunakan peralatan bermain, misalnya prosedur memegang gunting, urutan mencuci piring, dll
Aturan adalah kesepakatan yang dibuat bersama, supaya kegiatan dapat berlangsung lancar, yang berkegiatan merasa nyaman. Aturan bisa berubah sesuai keinginan yang berkegiatan/bermain. Misalnya kontrol diri, bicara bergantian, sayang teman, fokus, dll.

Cerita, prosedur dan aturan, kemudian memperkenalkan Jenis permainan (bila di sentra peran, mendiskusikan skenario yang akan dimainkan dan pembagian peran), Harapan guru (sesuai tujuan di lesson plan), Waktu bermain.
Kemudian anak-anak dipersilahkan memilih kegiatan/permainan dan memilih teman bermain.

Saatnya bermain! 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s